EVDO (Tugas Jaringan Komputer Lanjut)

Posted by Choky Sabtu, 09 Oktober 2010, under |
BAB I
PENDAHULUAN

Teknologi yang berkembang saat ini telah membuat manusia hidup dalam kemudahan. Salah satu teknologi yang terus berkembang dan terus menebar manfaat adalah sambungan internet yang pada umumnya digunakan sebagai jalur komunikasi dan mencari informasi.
Sejalan dengan terus berkembangnya teknologi internet, maka hal ini pula yang mendorong majunya kecepatan akses data internet dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan. Salah satunya yang menarik saat ini adalah teknologi internet Generasi ke-3 atau lebih dikenal 3G.

Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang.



BAB II
PERANAN EVDO PADA INTERNET RUMAH


EVDO adalah singkatan dari "Evolution, Data Only" atau "Evolution, Data optimized" yang juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO yang merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. Kini perangkat keras pendukung koneksi internet seperti modem telah turut mengadopsi taknologi canggih ini, namun sayangnya baru didukung oleh beberapa operator CDMA saja seperti Smart dan Mobi. Kedua operator tersebut terus memperluas jaringan EVDO mereka, namun tentunya terbatas pada kota-kota besar saja. Untuk kota kecil, masih menggunakan jaringan CDMA 1x yang kecepatan akses datanya hanya sekitar 153 kbps. Jauh lebih kecil dari EVDO yang kecepatannya bisa mencapai 9,4 Mbps.

Kendala utama untuk menerapkan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi adalah minimnya bandwidth, atau range frekuensi yang dapat dipakaiDengan banyaknya frekuensi radio yang dapat ditekan/dirampingkan pada gelombang FM, maka tidak terlalu banyak data yang bisa memnfaatkan bandwidt tersebut. EVDO yang mengembangkan teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm dapat memecahkan masalah ini.

EVDO sendiri mengalami perkembangan, teknologi EVDO yang kebanyakan sekarang digunakan adalah teknologi EVDO rev A. Dengan teknologi EVDO rev A ini kecepatan data maksimal yang bisa diperoleh adalah sekitar 3,6 Mbps (untuk download). Atau hampir setara dengan teknologi HSDPA nya GSM.

Selain EVDO rev A, saat ini juga telah diluncurkan EVDO rev B yang memberikan akses data 3x lebih cepat dibandingkan dengan teknologi EVDO rev A. Untuk rev B ini kecepatan maksimal yang bisa diperoleh adalah 9,4 Mbps untuk download dan 5,4 Mbps untuk upload.
Cepat sekali bukan, dalam pengetesan untukmendownload file dengan ukuran 1 giga dengan teknologi EVDO rev. B ini hanya diperlukan waktu selama 11 menit saja. Namun sayangnya Rev B ini baru bisa dinikmati di daerah Bali saja. Dan untuk ke depannya akan diperluas di kota-kota besar di Inodesia. Bali dipilih untuk menjati tes pertama dari EVDO rev.B ini karerna bali merupakan gerbang wisatawan mancanegara. Sehingga dengan peluncuran prodak internet tercepat di dunia ini di Bali dimaksudkan akan memberikan image postif terhadap perkembangan industri telekomunikasi di Tanah Air.



BAB III
KESIMPULAN

A. KESIMPULAN
Begitu banyak teknologi internet yang ditawarkan dengan fasilitas dan keunggulan masing-masing. Teknologi EVDO yang dimiliki oleh CDMA dapat dipilih sebagai sarana baru menggunakan layanan internet. Dan teknologi EVDO masih terus dikembangkan hingga saat ini dan menjadi pesaing yang mengejar dibelakang teknologi HSDPA yang dimiliki oleh GSM.

B. SARAN
Cermatlah dalam memilih teknologi internet. Meskipun hal ini bukanlah yang paling utama, namun yang paling perlu diperhatikan adalah seberapa luas operator Anda mendukung layanan internet hingga sampai ke tangan Anda.



DAFTAR PUSTAKA

1.
http://blog.unila.ac.id/kakashi/2010/05/18/mengenal-teknologi-evdo-cdma/
2.
http://id.wikipedia.org/wiki/EV-DO