Cara Membuat Elemen-Elemen Game

Posted by Choky Kamis, 01 April 2010, under |


Pada pembuatan elemen-elemen ini dilakukan dengan 100% koding. Koding-koding ini digunakan unuk memanggil objek-objek yang telah disediakan seperti gambar, suara maupun video.
Perlu diketahui dalam pembuatan game ini Saya menggunakan source sepanjang 359 line. Oleh sebab itu, tidak dimungkinkan untuk menjelaskan perbaris source-source tersebut.
Oleh karena itu Saya hanya menampilkan beberapa bentuk dasar source yang kami gunakan dalam membuatan game ini.



init:

image end = "end.jpg"

image over = "over.jpg“

$surat = 0

$ tool = 0

define dis = Dissolve(2.0)


Source di atas merupakan bentuk deklarasi atau inisialisasi.
Dalam pembuatan game ini diperlukan deklarasi gambar, variabel maupun efek-efek yang akan digunakan.
Seperti image end = "end.jpg" adalah deklarasi gambar yang akan digunakan. Nantinya untuk memanggil gambar ini cukup memanggil dengan nama "end".
Sedangkan untuk $surat = 0 merupakan salah satu variabel global, sehingga nantinya variabel ini dapat dipanggil pada prosedur-prosedur lainnya.
Dan untuk define dis = Dissolve(2.0) merupakan deklarasi efek yang akan digunakan. Sehingga nantinya untuk memanggil efek ini cukup memanggil dengan nama dis.



label hilda:

scene black
scene sandi with dis

nama "Ini sebuah sandi kotak. Aku harus memecahkannya."

$ sandi = renpy.input ("Apa arti sandi kotak tersebut . ." , length=20)

if sandi == “. . . . .” or sandi == “. . . . .":

play sound "CHARGE.tht"

scene galeri

nama "%(sandi)s.. \nSiapa itu.."

nama "Sebaiknya aku segera meninggalkan tempat ini. Tempat ini nampak tidak bersahabat."

jump peta

else:

play sound "dead.tht"

"Bukan itu jawabannya"

scene black

menu:

"Coba lagi":

jump hilda

"Kembali ke peta":

jump peta


Source di atas merupakan salah satu bentuk prosedur dengan nama hilda. Di dalam scene ini terdapat statement scene yang digunakan untuk menampilkan background.
Di dalam RenPy terdapat dua bentuk IF. yaitu IF ELSE dan IF ELIF. IF ELSE digunakan untuk IF bersyarat dan dilanjutkan dengan pelaksanaan tugas lainnya apabila syarat pada IF tidak dipenuhi. Sedangkan IF ELIF digunakan untuk melaksanakan IF bersyarat dan dilanjutkan dengan ELIF bersyarat lagi. Di bahasa pemrograman lain, IF ELIF ini lebih dikenal denghan IF bersarang.
Statement jump digunakan untuk melompat atau memanggil prosedur lain. Dan statement play sound digunakan untuk memainkan sura (sekali main), tapi ada juga statement play music (dimainkan berkali-kali).



label end:

play music "end.mp3"
scene black

scene end2 with dis

show text "game engine:\n{a=http://renpy.org/}Ren'Py{/a}"

with dissolve

$ renpy.pause(5.0)

show text "Sound, Music and Image:\n{a=http://google.com/}Google{/a}"

with dissolve

$ renpy.pause(5.0)

show text "Supported by:\n{a=http://gunadarma.ac.id/}Gunadarma University{/a}"

with dissolve

$ renpy.pause(5.0)

show text "Game maker \n== Dwi Cahyo Pri Utomo == \n== Deddy Apriansya ==

\n== Hoesny Ardiansyah == \n== Siti Aisyah =="

with dissolve

$ renpy.pause(10.0)

with dissolve

return


Pada prosedur end di atas terdapat statement show text "game engine:\n{a=http://renpy.org/}Ren'Py{/a}" yang digunakan untuk menampilkan text "game engine" yang di bawahnya (menggunakan statement \n) terdapat sebuah link dengan nama "Ren'Py yang mengarah ke http://renpy.org. sedangkan statement with dissolve digunakan untuk melakukan efek transisi antara text ini dengan text selanjutnya yang akan ditampilkan. Dan statement $ renpy.pause(5.0) digunakan untuk melakukan pause (henti) sementara selama lima detik sebelum text berganti ke text selanjutnya.