Analisa E-Commerce (tugas softskill)

Posted by Choky Selasa, 19 Oktober 2010, under |
:. E Bussines
E-bisnis (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.

Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

:. E Commerce
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).


CASE STUDY : http://shoeguru.ca/



ANALISA:


>> Profil Perusahaan
Shoeguru merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepatu. Presiden perusahaan ini adalah Tomasz Jablonski. Perusahaan ini memiliki penawaran bagus, yaitu gratis biaya pengiriman ke seluruh penjuru dunia. Perusahaan ini telah menjual produk mereka ke lebih dari 30 negara di dunia dan telah menyediakan layanan dalam empat bahasa yang berbeda, yaitu Inggris, Perancis, Spanyol dan Polandia.

>> Payment
Shoeguru menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan paypal. Paypal sendiri adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

>> Success Story
Shoeguru berasal dari kisah perjalanan Tomasz Jablonski sebagai presiden Shoeguru. Saat itu Tomasz Jablonski dan keluarga akan berlibur ke Spanyol yaitu tepatnya pantai Selatan Eropa. Sepanjang jalan mereka berhenti disebuah koloni Ingris bernama Gibraltar. Itu adalah di mana Tomasz Jablonski membeli sepasang sepatu Gola. Ketika ia kembali ke rumahnya dengan mengenakan sepatu tersebut Ia sangat dibuat dibangga oleh sepatu barunya karena tidak ada yang mempunyai sepatu seperti itu di antara teman-temannya. Oleh karena itu banyak dari teman-temannya berminat akan sepatu sejenis yang dimiliki olehnya. Dari situ ia memulai bisnis E Commerce nya dan mulai meraih sukses di dunia maya.

>> CMS
Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
- aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
- aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.

Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:
- Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
- Portal
- Galeri foto
- Aplikasi E-Commerce.
- Mengelola website pribadi / blog.
- Dan lain-lain.

Dalam web Shoeguru.ca tidak diketahui CMS apa yang digunakan dalam membangun web tersebut. Namun, dalam dapat dipastikan web ini menggunakan java script dan tanpa menggunakan elemen pendukung flash meskipun dalam web ini banyak ditemukan slide-slide produk yang dinamis.

>> Architecture and Security
Tidak ada yang pasti mengenai architecture dan security yang digunakan pada site shoeguru ini. Yang pasti site ini tampil dengan penuh keyakinan yang menggambarkan begitu profesionalnya management shoeguru.ca. Dalam penulusaran Saya menemukan situs yang memonitoring perkembangan dan spesifikasi seb shoeguru.ca. Anda dapat melihatnya pada http://sitetrail.com/shoeguru.ca



Daftar Pustaka
1. http://id.wikipedia.org/wiki/CMS
2. http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce
3. http://id.wikipedia.org/wiki/E-bisnis
4. http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Istimewa%3APencarian&redirs=0&search=E-commerce&fulltext=Search&ns0=1
5. http://shoeguru.ca/
6. http://sitetrail.com/shoeguru.ca