Business Content Development

Posted by Choky Kamis, 06 Januari 2011, under |


Orang biasanya pergi ke situs web dengan salah satu dari tiga cara. Cara pertama adalah bahwa mereka menempatkan sebuah kata atau serangkaian kata dalam search engine dan kemudian meng-klik link yang disediakan. Yang kedua adalah mereka memiliki situs yang direkomendasikan oleh rekan kerja, teman atau seseorang yang mereka kenal melalui situs media sosial. Opsi ketiga adalah bahwa mereka dapat mengklik link di situs lain yang mengarahkan mereka ke website lainnya. Dalam ketiga contoh pengembangan konten web membantu untuk membuat sebuah website sangat dianjurkan, relevan dan menarik.

Salah satu kesalahan terbesar bahwa usaha kecil dan besar tidak mengupgrade atau mengubah konten web mereka. Hal ini menimbulkan masalah nyata karena pengunjung yang telah membaca halaman sebuah situs, maka selanjutnya mereka akan mencari halaman yang lebih baru dan lebih up to date. Menggunakan layanan pengembangan konten web adalah cara yang bagus untuk terus mengubah informasi di sebuah situs tanpa harus melakukan semua penelitian, menulis, mengedit dan format.

Konten adalah kunci di balik keberhasilan bisnis Online. Mungkin konten merupakan hal pertama dan terpenting yang membuat dampak positif atau negatif pada pikiran pengunjung sebuah halaman web. Konten dapat membantu pengunjung terlibat dalam sebuah halaman web, blog, majalah online maupun newsletter jika digunakan dengan cara yang tepat. Karena itulah ada istilah "Content is King" atau "Konten adalah Raja". Jadi, jangan meletakkan konten hanya demi menambah isi pada halaman web.


Untuk lebih memudahkan anda mengembangkan konten, anda bisa gunakan cara berikut ini.
1. Tangkap perhatian pengunjung
Konten apapun yang anda berikan, harus mampu menggaet perhatian pengunjung. Tentunya, dengan memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, anda tinggal membuat konten yang bisa menarik perhatian mereka.
Sebaik apapun produk anda, jika anda tak bisa mengungkapkannya dengan bagus di konten website, anda akan kalah. Di internet, kekuatan yang anda miliki adalah bahasa gambar dan keajaiban kata-kata.
Kalau anda lemah dalam merayu calon pembeli, pastinya anda kalah dalam persaingan. Maka, segera pikat perhatian pengunjung sesaat setelah mereka memasuki situs web anda. Katakan dengan tegas apa yang anda tawarkan di awal website anda.

2. Tulis artikel ringan dan fokus
Pastikan sales copy anda mudah dimengerti dan to the point. Pakai bahasa yang ringan tapi lugas. Jangan bertele-tele. Kalau anda bisa membuat orang lain kaya dengan produk anda, katakan saja terus terang! Kalau anda bisa membuat orang lain cantik dengan produk anda, ungkapkan langsung!
Jika anda memiliki blog, tulis saja artikel, informatif, tidak bertele-tele. Anda boleh menulis artikel pendek. Pengunjung biasanya lebih menyukai tipe tulisan yang pendek. Tapi, ada pula yang menyukai detail. Sehingga mereka lebih suka dengan artikel panjang. Untuk mengakomodasi semua tipe pengunjung, baiknya anda tak cuma menulis artikel pendek saja. Tapi, tulis juga yang panjang.
Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak jenis artikel yang memperkaya isi blog anda. Dan, jangan lupa, berikan link jika anda mempunyai sumber artikel yang membahas tema anda lebih dalam.

3. Lakukan perubahan
Anda bisa mengubah sales copy anda dalam jangka waktu tertentu. Ingat, setiap sales copy memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda. Nah, anda bisa terus mengubah gaya anda. Cari terus yang terbaik. Selama penjualan anda terus meningkat, berarti perubahan anda membawa pengaruh yang baik.

4. Original dan mudah dikenang
Membuat situs web berbeda dari yang lain itu penting. Fungsinya, agar anda punya positioning yang berbeda dari pesaing anda. Timbulkan kesan bahwa anda internet marketer yang berbeda dari yang pernah ada.
Keluarkan ide-ide yang original dan lekatkan citra yang berbeda. Misal, anda punya gaya artikel yang lain dari blog atau situs web lain. Mungkin juga, desain web anda jauh lebih unik, mudah, dan menyenangkan. Pokoknya, anda harus berbeda dari yang lain!


Daftar Pustaka :