Social Network Business

Posted by Choky Sabtu, 11 Desember 2010, under |
Manusia sebagai makhluk sosial tentunya juga memiliki kebutuhan dalam hal berinteraksi dan berkomunikasi. Dalam kaitannya dengan kemajuan jaman, kini interaksi dan komunikasi dapat dilakukan dengan mudah, murah, kapanpun dan dimanapun.

Social Network atau yang dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Jejaring Sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Salah satu sarana Social network saat ini adalah aplikasi internet seperti facebook maupun aplikasi mobile yang dapat menghubungkan manusia ke manusia lain meskipun jaraknya jauh dan dipisahkan lautan luas.

Kini Social Network telah masuk ke dalam bisnis yyang menjanjikan sehingga muncul istilah Social Network Business atau Bisnis Jejaring Sosial. Mengapa tidak, kini jejaring sosial telah menjadi trend setter atau sedang booming yang membuat semua golongan orang menggunakan jejaring sosial. Hal ini dilihat oleh orang-orang di dunia bisnis sebagai suatu moment yang tepat untuk menjajakkan dagangannya entah berbentuk barang maupun jasa.

Nyatanya telah banyak orang-orang yang diuntungkan dengan adanya Social Network Business ini. Selain dari sisi pengguna yang dapat menggunakan fasilitas Social Network sambil berbelanja, dari sisi pengusaha juga diuntungkan karena mereka dapat lebih mudah dalam menjajakkan dagangannya.
Apalagi apabila kita melihat keuntungan dari sisi pengembang aplikasi Social Network, sudah barang tentu mereka dapat meraup untung yang jauh lebih banyak. Seperti yang dilansir oleh mashable.com mengenai pendapatan Facebook.

Masih kaitannya dengan Social Network, Saya akan berbagi sedikit mengenai sebuah aplikasi Social Network yang pastinya sangat sayang apabila dilewatkan.



Morange merupakan sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Mozat.

Mozat didirikan di Singapura pada tahun 2003 oleh sekelompok Ph.D. ulama dan profesor dari Universitas Nasional Singapura (NUS) Mozat telah memenangkan sejumlah penghargaan untuk inovasi dan tumbuh menjadi perusahaan yang berorientasi bisnis dengan kesuksesan yang terus bertambah di antara MSP's. Konsep sukses dan inovatif software dengan aplikasi add-on bahkan telah menarik lebih dari 8 juta pengguna Mobile Social Networking Platform di bawah merek sendiri.

Berkantor pusat di Singapura di Asia Tenggara Mozat terus berkembang dan menambahkan kantor regional Mozat yang dekat dengan rekanan mereka.

Morange sendiri merupakan sebuah aplikasi yang mempunyai banyak keunggulan saat ini. Dahulu morange tak ubahnya seperti aplikasi chating lain seperti Mig33 yang menyuguhkan chatroom dan private chat. Namun, di sini morange memiliki sedikit kelebihan seperti adanya push email, RSS, Yahoo messenger, MSN, dan Gtalk. Pada saat itu morange menginjak versi 4.x

Dengan seiringnya waktu morange mulai melakukan perubahan menyeluruh terhadap aplikasinya yang telah masuk ke dalam versi 5.x. Pada morange yang baru dimasukkan banyak aplikasi yang bisa dibilang lengkap dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang sejenis. Sebut saja seperti game online, Friend Test, Circle, Pole, Poke, RSS, Message, Web, Saying dan aplikasi chat lainnya seperti Yahoo messenger, ICO, AM, Gtalk bahkan Facebook.

Kini morange dengan versi 6 nya seperti tidak lagi memiliki saingan dengan aplikasi sejenis, dan justru bersaing dengan web-web social network besar seperti Facebook.

Morange Versi 4



Morange Versi 5


Morange memiliki web resmi nya sendiri yaitu morange.com yang dapat diakses dengan user dan password yang sama saat mendaftar melalui aplikasi mobilenya, tetapi entah mengapa Mozat lebih mengutamakan layanannya kepada pengguna aplikasi Morange saja. Hal ini terlihat dari terbatasnya fitur yang dapat diakses oleh penggunanya di web tersebut apabila dibandingkan dengan aplikasi mobilenya.

Silahkan klik di sini untuk mendownload Morange berbahasa Inggris secara gratis.
Dan klik di sini untuk versi bahasa Indonesianya.
Jika kedua link tersebut tidak berfungsi silahkan klik di sini untuk download secara manual.



Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org (kata kunci: jejaring sosial)
http://morange.com
http://mozat.com